19-11-1977: Presiden Mesir Anwar Sadat ke Israel

19 Nov

Pada 35 tahun yang lalu Presiden Mesir saat itu, Anwar Sadat, menjadi pemimpin Arab pertama yang mengunjungi Israel. Ini merupakan kunjungan kontroversial mengingat Mesir bersama negara-negara Arab selalu berperang melawan negara zionis itu.

Menurut stasiun berita BBC, pesawat Mesir yang membawa Sadat dan rombongan mendarat di bandar udara Ben Gurion, Israel, pada 19 November 1977. Dia berkunjung selama 36 jam.

Para petinggi Israel saat itu menyambut kunjungan Sadat. Mereka adalah Presiden Ephraim Katzir dan Perdana Menteri Menachim Begin. Tembakan meriam sebanyak 21 kali turut menyambut kedatangan pemimpin Mesir itu. 

Selain bertemu dengan para petinggi tuan rumah, Sadat juga berpidato di parlemen Israel, Knesset. Dia berbicara mengenai pentingnya mewujudkan perdamaian di Timur Tengah setelah Arab dan Israel berkali-kali berperang memperebutkan wilayah. “Kami benar-benar dan ingin menyambut kalian untuk hidup bersama dalam perdamaian dan keamanan,” kata Sadat dalam pidato berbahasa Arab.

Kunjungan Sadat tak pelak mengejutkan dunia. Pasalnya, Israel dan Mesir saat itu sudah empat kali berperang. Sadat mendobrak sikap dunia Arab yang tidak sudi bernegosiasi dengan Israel, yang membentuk negara zionis pada 1948.

Lawatan Sadat ini diikuti dengan perundingan antara Israel dan Mesir, yang berujung dengan perjanjian damai. Perjanjian itu diresmikan di Camp David, AS, pada Maret 1979.

Perdamaian yang dipelopori Sadat dan Begin itu membuat mereka dianugerahi Nobel Perdamaian Dunia. Dengan demikian Mesir menjadi negara pertama dari dunia Arab yang berdamai dengan Israel.

Namun, sikap Sadat yang melunak itu membuat dia dikucilkan oleh sesama pemimpin Arab. Perdamaian ini dibayar mahal oleh Sadat sendiri. Pada Oktober 1981, dia dibunuh oleh tentara Mesir dalam suatu parade militer di Kairo. Tentara itu belakangan mengaku tidak suka dengan inisiatif perdamaian Sadat dengan Israel.

sumber : klik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: