Jenis-Jenis Kerah Dan Penggunaannya

27 Sep

Ketika memilih kemeja, kerah seringkali tidak perhatikan oleh sebagian besar pria.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas jenis-jenis kerah tersebut:

1. Regular/Point Collar

Kerah basic ini yang paling sering di temui dan bisa di kenakan untuk hampir semua acara. Anda bisa kenakan dengan dasi saat bekerja di kantor, dan lepaskan dasinya saat ingin hangout dengan teman-teman sepulang bekerja. Kerah ini juga cocok untuk di kenakan hampir semua bentuk wajah.

2. Spread Collar

Kerah ini lebih lebar jika di bandingkan dengan yang jenis regular dan merupakan kerah untuk acara-acara formal, karena memang di desain untuk di padukan dengan jas atau blazer, serta dengan dasi dengan simpul/knot yang besar.
Untuk Anda yang memiliki wajah lebar atau bulat, hindari memakai kerah ini.

3. Button Down Collar

Kerah klasik ini dapat di kancingkan pada bagian ujung-ujungnya dan pada umumnya untuk kemeja-kemeja kasual. Namun Anda tetap dapat mengenakannya untuk acara yang agak formal dengan menambahkan dasi.

4. Tab Collar

Pada kerah yang termasuk jenis formal ini terdapat pengait/tab yang menghubungkan kedua ujung kerah. Tab ini berfungsi agar dasi lebih naik dan kedepan. Oleh karena itu kerah ini akan terlihat aneh jika tidak mengenakan dasi. Tab Collar juga sangat cocok untuk Anda yang berleher jenjang.

5. Pinned Collar

Pada kerah jenis ini terdapat lubang kecil pada tiap sisinya untuk tempat menyisipkan pin yang berfungsi sama seperti tab collar. Kenakan selalu kemeja ini dengan dasi, karena akan terlihat aneh jika kedua lubangnya tidak di sisipkan pin dan tanpa dasi.

6. Wing Collar

Jenis kerah yang satu ini merupakan yang paling formal di antara yang lainnya, dan jangan pernah mengenakannya untuk acara santai. Wing Collar merupakan pasangan setia tuxedo dan dasi kupu-kupu.

7. Rounded Collar

Ujung-ujung kerah ini tidak berbentuk lancip seperti kebanyakan kerah pada umumnya, dapat dikenakan dengan atau tanpa dasi. Untuk Anda yang berwajah bulat atau berleher panjang sebaiknya hindari mengenakan kerah jenis ini.

8. Mandarin Collar

Kerah jenis ini memang terinspirasi dari Timur Oriental, cocok untuk di kenakan pada hampir semua acara. Saat tertutup kerah Mandarin ini dapat dikenakan sebagai pakaian formal. Ketika dibuka, kerah ini dapat dipakai dalam acara-acara yang lebih santai. Tapi satu hal yang perlu diingat, jangan menggunakan dasi ketika mengenakan kemeja ini. Kerah jenis ini cocok untuk pria yang memiliki wajah bulat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: