Logika Sederhana Memahami Buah Naga

29 Dec

Kali ini saya akan mencoba menulis cara memahami seluk beluk budidaya buah naga maupun bisnisnya dengan logika sederhana, mungkin saja dengan membaca ini anda bisa lebih paham buah naga daripada membaca tulisan-tulisan saya yang panjang lebar mengupas buah naga sebelumnya. Saya akan mencoba memberikan logika-logika sederhana dari sudut pandang orang awam (bukan petani/pekebun/pakar), kalau anda ingin menambahkan silahkan saja.

Jika : Perbanyakan tanaman buah naga umumnya dilakukan dengan cara STEK (bukan cangkok, semai benih dll).
Logika : Berarti tanaman buah naga adalah tanaman yang mudah perawatannya dan sulit mati (dipotong, ditanam, tumbuh akar jadi deh.)

Jika : Tanaman buah naga termasuk jenis kaktus
Logika : Berarti tanaman buah naga tanaman tahan panas dan tidak butuh banyak air, berarti bisa hidup di lahan gersang dan tandus, berarti tanaman ini sangat tergantung dengan sinar matahari.

Jika : Terdapat lapisan lilin pada tanaman buah naga
Logika : Berarti tanaman buah naga termasuk tanaman yang tahan berbagai serangan hama dan penyakit. Lebih tahan banting daripada tanaman yang tidak memiliki lapisan lilin.

Jika : Tanaman buah naga terserang hama dari jamur, maka diobati dengan fungisida. jika tanaman diserang sejenis serangga, maka ditangani dengan insektisida.
Logika : Berarti anda harus mengenali hamanya dulu sebelum menanganinya, serangan jamur tidak mungkin sembuh kalau anda beri insektisida atau sebaliknya. Dapatkan anda mengobati penyakit PANU dengan memberi Baygon?

Jika : Tanaman buah naga terserang hama atau penyakit yang cepat penyebarannya
Logika : Berarti cara terbaik adalah menghentikannya, bukan mengobatinya. Potong dan bakar tanaman yang terserang adalah solusinya. Jika ada orang terserang kanker ganas, jalan terbaik adalah menghentikannya dengan operasi/diangkat, kalau mengandalkan pengobatan biasa atau terapi, bisa duluan dicabut nyawanya hehehe….

Jika : Tanaman buah naga sudah berbunga lebat dan sehat, tetapi akhirnya rontok dan gagal menjadi buah.
Logika : Berarti penyerbukan gagal (tidak terjadi perkawinan serbuk sari dan putik dengan baik) bukan karena kurang pupuk atau unsur apa lah. Tumbuhnya bunga dengan baik dan bagus berarti unsur-unsur yang dibutuhkan untuk berproduksi sudah terpenuhi. (Maaf) Jika seorang wanita sudah mengalami menstruasi, berarti sudah memenuhi syarat-syarat untuk hamil/berproduksi, jika sel telur akhirnya gugur berarti tidak berhasil di buahi. Kekurangan nutrisi/unsur berpengaruh pada jumlah dan ukuran buah yang di hasilkan, sama saja dengan kekurangan gizi hanya berpengaruh pada kualitas ibu dan bayi nantinya, masalah sel telur di buahi atau tidak bukan masalah kurang gizi bukan?

Berbeda kalau bunga rontok sebelum mekar sempurna (waktu penyerbukan), ini mungkin ada gangguan hama atau ada unsur yang belum terpenuhi dengan baik.

Jika : Buah Naga mengandung kadar air tinggi (hampir 90% dari buahnya)
Logika : Berarti pada saat perkembangan bunga menjadi buah, tanaman ini membutuhkan lebih banyak air, berarti penyiraman harus lebih sering dilakukan

Jika : Buah naga terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia
Logika : Berarti semakin buah naga di kenal luas, tentu saja permintaan buah naga akan semakin besar dan selalu dibutuhkan karena bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan.

Jika : Buah naga selalu tersedia dipasaran sepanjang tahun
Logika : Berarti sudah banyak pekebun yang berhasil membuahkan buah naga sepanjang tahun tanpa mengenal musim buah.

Jika : Pertumbuhan tanaman ini bisa mencapai 2 cm setiap harinya
Logika : Berarti anda sudah untung hanya dari menjual bibitnya, jika anda punya 1000 potongan bibit sepanjang 10cm, maka anda tinggal menunggu 10 hari untuk memiliki bibit siap jual dengan panjang 30cm bukan?

Jika : Buah naga sekarang ini masih relatif mahal harganya
Logika : Pekebun buah naga pasti besar keuntungannya, tetapi… tentu modalnya besar juga bukan?

Jika : Buah naga yang ada dipasaran kebanyakan berasal dari impor
Logika : Berarti peluang bisnis ini masih terbuka lebar, berarti produksi petani lokal belum bisa memenuhi kebutuhan pasar, berarti pemasarannya juga mudah karena permintaan lebih besar dari penawaran. Okey?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: