Cara Menghasilkan Buah Naga Ukuran Besar dan Mulus

29 Dec

Dipasaran, permintaan buah naga untuk kota-kota besar (kelas supermarket) harus mempunyai berat 350-400 gram lebih perbuahnya (1 kg isi 3), buah naga yang berukuran lebih kecil biasanya di pasarkan di pasar tradisional. Karena itulah, perlu dilakukan berbagai tindakan untuk menghasilkan buah dengan ukuran besar dan sesuai standar permintaan pasar tersebut.

Berikut ini beberapa hal penting yang harus dilakukan mulai tahap pembungaan sampai panen (petik buah):

1. Pada saat mulai muncul bunga, sebaiknya dilakukan dengan pemupukan dengan penyemprotan dengan kadar P tinggi. Saya tidak bisa menyebutkan merk apa yang terbaik karena banyaknya merk pupuk yang beredar di pasaran. Sebagai contoh adalah Surplus P45 dan Hortigro P44. Pemupukan dan penyiraman sebaiknya dilakukan seminggu sekali, kecuali pada curah hujan tinggi (penyiraman tidak usah dilakukan). Hal ini bertujuan untuk mencegah bunga rontok dan memperbesar kuntum bunga.

2. Lakukan terus pemangkasan pada tumbuhnya tunas baru. Pada masa berbunga dan berbuah, tidak boleh ada tunas baru yang tumbuh. Sekarang ini di pasaran ada hormon penghambat tumbuhnya tunas, anda bisa menggunakan obat tersebut.

3. Seleksi kuntum bunga wajib dilakukan jika anda ingin memperoleh buah dengan ukuran besar, seperti gambar di bawah ini sebaiknya kuntum bunga yang tumbuh berdekatan pada satu sulur sebaiknya dihilangkan salah satunya. Sisakan kuntum bunga yang lebih besar atau terlihat lebih sehat.Sebaiknya pada satu sulur disisakan dua kuntum bunga saja dengan jarak minimal 20cm.

bunga buah nagabuah naga

4. Membungkus buah perlu dilakukan untuk menghasilkan buah dengan tampilan mulus dan terlihat segar. Perlu diketahui di pasaran, buah naga dengan noda atau bintik-bintik kuning atau coklat akan ditolak pembeli dari standar supermarket. Anda bisa menggunakan plastik bening atau kertas untuk membungkusnya.
bungkus buah naga

5. Untuk membuat tampilan buah lebih bagus dan rasa buah lebih enak/manis, menurut informasi yang saya dapatkan, bisa dilakukan penyemprotan pada buah yang hampir merah dengan menggunakan campuran Monokalium Phospat (MKP) dan Multimikro. Saya tidak menggunakan cara ini, karena selama ini hasil buah sudah cukup bagus dan rasa juga masih disukai.

buah naga

6. Jika muncul buah yang berukuran kerdil, sebaiknya segera dipotong, supaya segera berganti dengan bunga yang baru. Biasanya terjadi pada sulur yang tidak memperoleh sinar matahari yang cukup karena jumlah sulur yang terlalu rimbun dan menutupi sulur pada bagian bawah. Jadi, apabila tumbuh bunga pada sulur yang ternaungi sebaiknya di potong saja.
buah naga kecil

7. Jika anda menggunakan tiang panjatan dengan tinggi 2 meter lebih anda bisa mengatur sulur dengan panjang 100 cm (1 mtr), tetapi jika anda menggunakan tiang panjatan kurang dari 1,5 mtr sebaiknya sulur diatur tidak lebih dari 70 cm. Karena jika sulur terlalu panjang dan terlalu dekat dengan permukaan tanah, pada saat curah hujan tinggi, maka buah rentan terkena serangan jamur.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: