Kenapa Di Puncak Gunung Yang Tinggi Ada Salju?

18 Nov

Dunia ini terlihat sangat indah ketika turun salju, bukan? Tapi salju yang indah itu akan segera meleleh setelah beberapa waktu menyentuh permukaan tanah. Itu karena salju adalah salah satu bentuk es yang akan mencair jika berada di atas suhu 0 derajat Celcius. Namun di puncak gunung yang tinggi, salju tidak mencair dan tetap tampak melimpah. Itu karena salju di puncak gunung berasal dari uap air di udara yang berubah menjadi es. Bentuk salju berbeda-beda, tergantung suhu dan kelembapan udara.

Salju tersusun atas es tipis yang saling melekat, sehingga jauh lebih mudah mencair dibandingkan es biasa. Jika suhu udara di bawah 0 derajat Celcius, salju tidak mencair dan akan tetap bertahan. Namun bukankah puncak gunung lebih dekat dengan matahari sehingga suhunya pasti lebih tinggi daripada permukaan tanah?

Faktanya, suhu di puncak gunung rendah. Semakin tinggi puncak gunung, tekanan udaranya semakin menurun dan udara tipis. Oleh karena itu udara di puncak gunung tak mampu menyerap panas matahari terlalu banyak. Selain itu dari permukaan bumi sampai batas tertentu, semakin tinggi daerahnya maka suhunya semakin rendah. Itulah sebabnya di puncak gunung yang tinggi suhunya lebih rendah dari 0 derajat Celcius sehingga terdapat banyak salju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: