Kenapa Bintang Berkelap-Kelip?

18 Nov

Apa yang terpikir oleh kamu ketika memandang jutaan bintang di langit malam? Masing-masing orang tentu mempunyai pikiran sendiri. Ada orang yang tak habis-habisnya mengagumi bintang-bintang, dan ada pula yang segudang pertanyaan. Salah satu pertanyaan itu mungkin, kenapa bintang-bintang berkelap-kelip?

Udara yang menyelimuti bumi disebut atmosfer. Tapi atmosfer bumi tidak stabil. Di satu bagian terdapat banyak udara, sementara di bagian lain sedikit. Udara bergerak tanpa henti karena perbedaan suhu dan tekanan. Bintang tampak kelap-kelip karena ada gerakan yang disebabkan oleh jumlah udara yang berubah dari waktu ke waktu.

Saat bergerak melewati tempat yang banyak udaranya dan tempat yang sedikit udaranya, derajat perbelokan cahaya jadi berbeda. Kalau hal ini terjadi berulang-ulang, maka yang terjadi pada bintang akan tampak berkelap-kelip. Cahaya bintang akan tampak lebih berkelap-kelip di dekat garis horizon. Ini karena semakin dekat dengan garis horizon, bintang harus melewati banyak lapisan udara. Selain itu, bintang juga tampak lebih berkelap-kelip di tempat yang udaranya tidak stabil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: