Play Guitar

31 Oct
Pelajaran pada bab berikut tentang triad, susunan tiga not secara vertikal menurut aturan tertentu yang dibunyikan atau dinyanyikan secara serentak. Untuk memahaminya lebih baik, Anda perlu memainkannya pada gitar. Bab ini ditujukan bagi pemula yang belum tahu aturan-aturan yang baik dan benar tentang bermain gitar.

Memilih Gitar

Pelajaran tentang Akord dan Progresi Akord tidak akan efektif kalau Anda tidak melatihnya dengan memakai gitar enam senar. Karena itu, Anda perlu punya sebuah gitar, sebaiknya milik sendiri. Anda bisa meminjam gitar, tapi pastikanlah bahwa risiko cacat, kerusakan, atau malah hilangnya gitar pinjaman itu adalah tanggung jawabmu sendiri kepada pemiliknya.

Ada berbagai bentuk dan merek gitar yang bisa Anda beli di toko-toko yang menjualnya. Ada yang keren dan mahal buatan luar negeri atau dirakit di dalam negeri dengan seizin pabriknya di luar negeri, seperti Yamaha. Ada yang murah, bentuknya menarik, buatan dalam negeri, seperti yang dibuat di Solo atau Bandung. Ada juga yang harganya di antara kedua jenis gitar tadi.

Selain itu, ada gitar akustik dan gitar listrik. Gitar akustik memakai senar nilon atau kawat (steel). Gitar akustik yang memakai kawat pun masih ada spesifikasinya: ada yang enam senar, ada yang dua belas senar, dan ada yang punya lubang untuk menyambungkannya pada pengeras suara. Gitar listrik memakai kawat; bunyinya diperkuat melalui aliran listrik. Mana yang harus Anda beli?

Belilah gitar akustik enam senar yang memakai nilon (bunyinya halus, bening, dan nyaring) atau kawat (bunyinya “terang”). Ia paling murah dibanding dengan gitar listrik. Ia praktis karena mudah dibawa ke mana-mana. Ia juga tidak memakai listrik karena ia tidak memakai penguatan melalui spiker; selain itu, ia bisa dimainkan di tempat yang tidak ada aliran listriknya. Gitar akustik macam ini bisa buatan luar negeri dengan izin perakitan di dalam negeri, seperti Yamaha, atau bisa buatan dalam negeri. Tergantung kemampuan keuangan Anda, belilah gitar yang memenuhi syarat.

Papan fret melengkung

Periksalah apakah papan fretnya – tangkai gitar yang bagian atasnya dibagi-bagi oleh sekat-sekat batang besi atau tembaga – melengkung atau tidak. Papan itu memang dikuatkan dengan besi di dalamnya supaya ia tidak menjadi bengkok karena tekanan senar-senar yang dikencangkan dan dipakai selama berbulan-bulan. Papan fret yang melengkung menurunkan mutu nada gitarnya. Janganlah membeli gitar dengan papan fret yang bengkok.

Ujung jari sakit ketika menekan senar

Kalau Anda baru pertama kali bermain gitar, Anda perlu menekan senar-senar gitar ke papan fret. Ujung-ujung jari yang barangkali masih halus akan terasa sedikit sakit. Ini normal. Lama-kelamaan, ujung-ujung jarimu yang makin tebal tidak akan merasa sakit lagi kalau senar-senar Anda tekan.

Tapi, ada gitar – biasanya, buatan dalam negeri atau lokal – yang senarnya menimbulkan rasa sakit kalau ditekan. Rasa sakit di ujung jari makin terasa kalau Anda memainkan gitar makin mendekati bodi gitarnya, tempat melodi atau akord yang Anda hasilkan makin tinggi. Apa penyebab rasa sakitmu? Amatilah ketinggian posisi senar dengan permukaan papan fret di bawahnya. Ternyata jaraknya sedikit lebih tinggi dibanding dengan jarak yang sama pada gitar yang memenuhi syarat, seperti gitar nilon Yahama. Ketinggian senar macam inilah yang mengakibatkan ujung jarimu terasa sakit. Janganlah membeli gitar macam ini.

Sebaliknya, ada gitar buatan lokal yang senarnya begitu dekat dengan papan fret sehingga bunyi akord yang Anda hasilkan pecah, kurang jernih. Anda akan merasakan juga bahwa tekanan jarimu pada fret sangat mudah dan – untuk pemula – tidak menimbulkan rasa sakit. Janganlah beli gitar itu.

Akord makin pales

Suatu tanda lain dari gitar yang tidak memenuhi syarat adalah kekurangannya dalam menghasilkan kualitas bunyi akord yang sama ketika akord Anda bunyikan pada fret apa pun – mulai dari akord dekat nut sampai dengan akord dekat bodi gitar. Cobalah mainkan suatu akord seperti F dan pindahlah dari satu fret ke fret lain – dari kiri yang paling rendah sampai dengan kanan yang paling tinggi. Dengarkanlah dengan teliti apakah ada senar yang pales atau tidak. Biasanya, bunyi akord pada ketiga fret pertama merdu. Tapi kalau Anda memainkan akord pada fret ke-4, ke-5, ke-6, dan seterusnya, Anda bisa mendengarkan bunyi senar yang pales. Kalau gitar yang Anda tes itu memang menghasilkan akord yang kemerduannya tidak konsisten, janganlah beli gitar itu.

Kalau awam, mintalah bantuan pakar

Bagaimana kalau Anda bingung menentukan gitar manakah yang paling baik untuk Anda beli? Mintalah bantuan seorang pakar, seperti kawan, saudara, kerabat, orang tua, atau guru. Dia akan dengan senang hati menolong Anda.

Setelan standar

Syarat-syarat apa itu? Untuk pelajaran kita, gitar itu punya enam senar dengan setelan standar.

Kalau gitar itu Anda pegang dalam posisi duduk, senar paling tipis ada di atas lututmu sementara senar paling tebal ada di bawah dada atau dagumu. Di antara kedua senar paling ujung ini, ada empat senar lain dengan tingkat ketipisan atau ketebalan yang berbeda-beda. Setiap senar ditandai suatu angka khusus. Senar paling tipis ditandai angka 1, senar paling tebal ditandai angka 6. Senar kedua, ketiga, keempat, dan kelima sesudah senar 1 berturut-turut ditandai dengan angka 2, 3, 4, dan 5. Jadi, dari bawah ke atas, keenam senar gitar itu ditandai angka 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Setelan standar untuk gitar sudah dijelaskan dalam bab satu. Tapi untuk menyegarkan ingatan Anda, saya ulangi setelan standar itu lagi, dari senar paling tebal (senar ke-6) ke senar paling tipis (senar ke-1): E A D G B E atau mi la re sol si mi. Setelan ini dalam posisi terbuka; artinya, Anda tidak menekan dengan jarimu senar apa pun.

Lihat, contoh setelan standar berikut:

Nut

Fret 1

Fret 2

Fret 3

Fret 4

Senar 6 5 4 3 2 1
E A D G B E

Acuan setelan gitar

Kalau senar-senar gitarmu belum disetel mengikuti urutan not tadi, Anda harus menyetelnya. Setelan standar gitarmu harus disesuaikan dengan suatu acuan setelan yang berlaku umum di seluruh dunia.

Acuan ini bisa sebuah gitar lain, penala, suling tingginada (pitch pipe), piano, organ, keyboard, atau instrumen musikal lain. Gitar lain itu sudah disetel sesuai acuan universal tadi. Ada penala dibunyikan pada nada A atau C. Karena itu, setelan gitarmu yang mengacu pada nada A di penala bisa Anda terapkan pada senar A, senar ke-5. Tapi nada A pada senarmu harus lebih rendah dari nada yang sama tapi lebih tinggi pada penalamu. Kalau Anda memakai penala yang menghasilkan nada dasar C, mulailah menyetem senar ke-2. Tekanlah senar ke-2 fret ke-1 dengan jari tengahmu lalu setemlah gitarmu sampai nadanya sama dengan nada C pada penala. Yang paling mudah adalah memakai suling tingginada yang dibuat khusus untuk setelan standar gitarmu. Ia dijual di toko-toko khusus, seperti toko yang menjual alat-alat musik. Suling ini punya enam lubang yang menghasilkan urutan not gitar enam senarmu: E A D G B E. Cocokkanlah setelan gitarmu dengan suling tingginadamu. Anda bisa juga memakai piano, organ, dan keyboard untuk membantu Anda menyetem gitarmu. Carilah dahulu C tengah; dalam notasi angka, ia dibunyikan sebagai do tanpa titik di atas atau di bawahnya. Dari C titik tengah, Anda turun atau naik untuk menuntun penyeteman gitarmu pada not E A D G B E. Instrumen lain, seperti suling, bisa juga Anda pakai untuk membantu penyeteman gitarmu.

Penyeteman gitarmu membutuhkan ketajaman pendengaran. Urutan not pada gitarmu harus berbunyi persis sama dengan sumber acuannya – 100 persen persis! Mengiringi lagu dengan setelan yang pales akan mengurangi kesenangan bermain gitar, mengganggu pendengar musikal pendengarmu, dan menghasilkan bunyi-bunyi musikal pales yang bertabrakan dengan bunyi-bunyi akord standar dari alat-alat musik seperti piano dan organ dan bahkan dengan gitar lain yang setelannya sudah standar.

Karena itu, lebih baik Anda bersabar sampai mencapai setelan gitar yang prima sebelum Anda memainkannya. Penyeteman gitar yang paling baik membutuhkan ketenangan supaya telingamu bisa mendeteksi penyeteman yang pales tapi halus sekali. Anda tidak boleh mentoleransi sekecil bakteri apa pun penyeteman yang pales tapi halus sekali itu! Pokoknya, setelan gitarmu harus sempurna – 100 persen.

Kalau telinga musikalmu belum terlatih baik untuk mendeteksi setelan pales yang sangat kentara atau halus, ada tiga cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasinya. Ini sekaligus latihan bagi kepekaan telinga musikal Anda.

  • Mintalah bantuan orang lain yang Anda tahu punya telinga musikal yang sangat peka. Dia mampu menolongmu menghasilkan setelan gitar dengan bunyi yang seratus persen sempurna.
  • Kalau Anda sudah punya telinga musikal yang peka, dengarkanlah setiap pasangan senar – senar 1 dan 2, senar 2 dan 3, senar 3 dan 4, dan seterusnya – untuk memastikan bahwa kedua-duanya menghasilkan tingginada yang seratus persen sama. Kalau salah satu masih pales, samakan nadanya dengan nada senar lain.
  • Dalam proses pengecekan ulang ini, hati-hatilah untuk tidak mengubah setelan standar dari salah satu senar. Kalau toh salah satu ternyata sedikit lebih tinggi atau lebih rendah dari setelan standar, Anda harus kembali menyamakannya dan senar lain dengan sumber acuan penyetemannya.

Perhatikan cara kedua berikut:

Catatan: Senar-senar yang ditandai x tidak boleh dibunyikan. Tanda bundar hitam menunjukkan tempat anda menekankan jari tengah. Tanda bundar putih menandakan senar terbuka, senar yang tidak ditekan.

Untuk mengecek ulang penyeteman gitarmu apakah sudah selaras atau tidak, tekanlah dengan jarimu senar kedua pada fret ke-5. Bunyikanlah senar yang ditekan ini berganti-gantian atau bersamaan dengan senar ke-1. Samakanlah bunyi kedua senar itu kalau salah satu masih pales, yaitu, berbunyi sedikit lebih tinggi atau lebih rendah dari yang lain.

Dari pasangan senar ke-1 dan ke-2, pindahlah sekarang ke pasangan senar ke-2 dan ke-3 fret ke-4. Samakan bunyinya kalau salah satu masih pales.

Pindahlah ke pasangan senar ke-3 dan ke-4 pada fret ke-5. Samakanlah bunyi kedua senar itu kalau salah satu di antaranya masih pales.

 

 
Sekarang, ceklah kesamaan bunyi pasangan senar ke-4 dan ke-5, juga pada fret ke-5. Apakah ada yang masih pales? Setem kembali sampai kedua senar sama bunyinya.

Akhirnya, ceklah pasangan senar ke-5 dan ke-6, masih pada fret ke-5. Samakanlah bunyinya kalau ada senar yang bunyinya masih pales.

Anda masih harus mengulang prosesur pengecekan ulang ini dari pasangan senar ke-1 dan ke-2 lagi. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada bunyi pales sekecil apa pun, sehalus mana
pun.

Cek keselarasan bunyi gitarmu sekali lagi

Sudah selesai pengecekan ulang keselarasan bunyi gitarmu? Belum. Kalau Anda sdah menguasai grip beberapa akord dasar (seperti C, D, E, F, G, dan A), cobalah mainkan akord-akord ini. Dengarkanlah keserasian bunyi akordnya. Kalau ada yang bunyinya kurang serasi, setem ulang senar yang menimbulkan bunyi agak pales itu. Jangan lupa untuk mengecek ulang seluruh penyeteman ulangmu dengan sumber acuan bunyi gitarmu: suling tingginada, piano, organ, dan lain-lain. Kalau semuanya sudah beres, Anda sekarang boleh mulai bermain gitar.

Sesudah berpuas diri dengan bermain gitar, Anda menyimpannya. Sesudah satu-dua hari kemudian, Anda kembali bermain gitar. Apa yang pertama-tama harus Anda buat? Cek ulang penyeteman gitarmu untuk memastikan bahwa bunyinya tetap merdu.

Cara Memainkan Gitar

Anda bisa memainkan gitar dalam posisi duduk atau berdiri. Untuk latihan-latihan dalam buku ini, Anda dianjurkan untuk duduk. Biarkanlah posisi berdiri Anda pakai ketika tampil menyanyi di depan umum, misalnya.

Pakailah sebuah kursi dengan ukuran tinggi dan sandaran bahu yang nyaman untuk latihanmu bermain gitar. Anda yang tingginya 1.80 meter atau lebih, misalnya, sulit duduk dengan nyaman pada sebuah kursi yang sangat rendah dan kecil. Sebaliknya, Anda dengan tubuh berukuran pendek tentu tidak akan memilih duduk pada sebuah kursi bundar (stool) yang terlalu tinggi sehingga kedua kakimu bergantung di atas lantai.

Kaki kananmu harus Anda naikkan melalui suatu penopang. Topangan ini akan membantu Anda memainkan gitarmu dengan mantap. Supaya Anda mainkan dengan mantap, letakkanlah lekukan gitar pada paha kananmu begitu rupa sehingga posisi badan gitarmu lurus. Lekukkan tangan kananmu pada persendiannya untuk menahan badan gitar pada ujungnya sementara lengan dan jari-jarimu siap memainkan senar-senar gitarmu. Pakailah jari-jari tangan kirimu untuk menekan akord-akord pada fret-fret.

Bunyi gitar yang jernih

Hasilkanlah pukulan gitar yang bersih atau jernih dengan tekanan jari yang kokoh dan tepat dan gerakan naik-turun pergelangan tangan kirimu. Kali pertama Anda membunyikan senar-senar yang ditekan dengan jari, apakah Anda menghasilkan bunyi yang pecah, kurang jernih atau bersih? Kalau memang demikian, bunyi ini bisa disebabkan oleh tiga hal. Pertama, tekanan jarimu kurang kokoh. Cobalah tekan jarimu lebih kuat sampai Anda menghasilkan pukulan yang jernih. Kedua, kukumu yang panjang mengurangi tekanan jarimu. Guntinglah kuku itu sehingga hanya ujung daging jarimu saja yang menekan senar. Ketiga, bisa juga bunyi yang kurang jernih itu disebabkan penempatan jarimu yang kurang tepat. Untuk menghasilkan bunyi yang jernih, selalulah tekan senar dekat dengan batangan fret. Jari yang menekan senar di antara dua batangan fret sering menimbulkan bunyi gitar yang pecah, kurang bersih atau jernih. Pendek kata, biasakanlah dirimu menghasilkan bunyi gitar yang bersih, tidak pecah, karena itulah yang betul.

Agar mudah membacanya, taruhlah lembaran latihanmu pada sebuah permukaan yang datar. Kalau Anda punya uang, belilah sebuah stan untuk meletakkan lembaran itu.

Memainkan Akord

Sebagai pemula, akord-akord pertama yang Anda mainkan adalah akord-akord dasar. Dalam tangganada diatonik mayor C, akord-akord ini adalah C, F, G. Ini disusul Akord Dm, Em, Am, dan Bm. Akord-akord ini paling gampang untuk Anda mainkan karena Anda membentuknya pada keempat fret pertama.

Diagram akord

Akord-akord Anda pelajari dengan bantuan diagram akord. Ini akan menunjukkan secara tepat tempat Anda menempatkan jari-jari tangan kirimu supaya Anda bisa memainkan suatu akord khusus.

Suatu diagram akord adalah suatu kotak bergaris mendatar dan tegak-lurus. Ia mewakili senar dan fret gitar.


Ini suatu contoh diagram akord C. Tanda x menandakan bahwa senar ke-6 tidak boleh dibunyikan. Senar ke-1 dan ke-3 yang diberi tanda bulat Anda mainkan tanpa menekannya. Bulatan hitam menandakan senar yang Anda tekan dan pada fret manakah senar itu Anda tekan. Angka 1, 2, dan 3 menunjukkan jari-jari yang Anda pakai untuk menekan senar pada papan fret.

Biasanya, Anda memakai empat jari untuk memainkan akord. Ada empat angka yang dipakai untuk menandakan jari-jari yang Anda pakai.
· Angka 1: jari telunjuk
· Angka 2: jari tengah
· Angka 3: jari manis
· Angka 4: jari kelingking

Selanjutnya, urutan bunyi akord yang Anda hasilkan dari akord C tadi dari senar ke-5 ke senar ke-1 – adalah do-mi-sol-do-mi.

Memainkan down-strum

Sebagai pemula, Anda akan memainkan akord-akord dari senar paling rendah sesuai diagram akord ke senar paling tinggi. Senar-senar itu Anda bunyikan serentak. Memainkan akord-akord dengan gerak jari-jari dari atas – dari senar paling rendah – ke arah bawah – ke senar paling kecil – disebut down-strum dalam bahasa Inggris, secara harfiah berarti “pukulan senar ke arah bawah”. Cara bakunya seperti ini:

Ini tanda down-strum. Empat tanda ini ditempatkan di atas empat tangkai mirip not balok. Akord C atau akord apa pun Anda mainkan dengan memukulkan dengan ujung kuku jari telunjukmu senar-senar dari arah atas ke bawah.Keempat pasangan tanda pukulan senar gitarmu sekaligus membentuk empat ketukan dari birama 4/4.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: