Fungsi dari Desktop Refresh

31 Oct

Sangat banyak saya melihat orang tidak memahami sebenarnya fungsi dari suatu Command (Perintah) yang terdapat pada Windows; namun mereka mencoba memahami sendiri dan melakukannya tanpa dasar pengetahuan yang ilmiah. Adapun Command yang saya maksud di sini ialah Desktop Refresh.

Desktop Refresh

Banyak orang melakukan / mengeksekusi perintah Desktop Refresh dengan tujuan Mempercepat Sistem Kerja Komputer. Ini adalah suatu pemahaman yang sangat salah. Desktop Refresh dibuat tidak untuk mempercepat sistem kerja komputer, Desktop Refresh dibuat untuk memperbaharui tampilan Icon pada Desktop anda. Timbul pertanyaan anda “Kenapa harus memperbaharui tampilan Icon pada Desktop ?”, Terkadang ada kondisi (misalnya Desktop anda memiliki Icons sangat banyak, Wallpaper dengan ukuran melebihi ukuran Display) menyebabkan Windows gagal memperoleh informasi yang Up To Date tentang Icon dari Cache Memory hal ini menyebabkan Windows memperlihatkan keanehannya (anomaly) diantaranya:

  1. Menampilkan Icon yang sama untuk semua Icon pada Desktop (lihat gambar di bawah ini)
  2. Menampilkan Icon dengan Warna Dasar (16 colors) walaupun sebenarnya VGA Card anda mendukung 32 Bits.
  3. Hang atau tidak menampilkan satu Icon pun pada Desktop.corrupted desktop icon

Nah apabila ini terjadi anda memiliki beberapa pilihan, diantaranya Restart, dan tentu saja menjalankan perintah Desktop Refresh. Selain dari itu jangan sekalipun anda melakukan Desktop Refresh !. Dari namanya saja Refresh kita sebenarnya sudah memahami hal itu (sangat disayangkan bila anda tidak mengerti Bahasa Inggris), kecuali kalau Microsoft memberi nama Desktop Faster. Sebaliknya melakukan Desktop Refreshsecara berkali-kali secara cepat akan meningkatkan penggunaan CPU yang membahayakan umur dari CPU anda. Untuk membuktikannya anda lakukan perintah berikut ini :

  1. Tekan Ctrl+Alt+Del , lalu pilih Task Manager
  2. Kemudian pilih Performance Tab (lihat gambar), anda akan mellihat pada CPU Usage angka 4% yang menyatakan bahwa pemakaian CPU hanya 4% (ini kondisi normal saat PC tidak melakukan banyak pekerjaan).

CPU Usage sebelum Desktop Refresh

  1. Sekarang coba lakukan Desktop Refresh berungkali secara cepat (Tips: anda bisa menekan tombol F5 saat mouse berada di desktop).
  2. Nah anda akan melihat CPU Usage meloncat menjadi 18%. Apabila Desktop anda memiliki lebih banyak Icon (misalnya mencapai 30 icon), maka CPU Usage akan meningkat lebih tinggi lagi. Saran saya janganlah menempatkan Icon lebih dari 20 pada Desktop anda.

Performance saat Desktop Refresh

Timbul pertanyaan, mengapa perlu melakukan Desktop Refresh hanya untuk memperbaharui tampilan icon di desktop ? Bukankah Windows dapat melakukannya secara automatis ?.

Jawabannya adalah, memang benar Windows secara automatis akan melakukan Desktop Refresh sesuai dengan standard defaultnya yaitu : 500 icons ! (bukankah itu luar biasa ?), namun itu sangat tergantung dengan RAM (Memory) yang anda miliki. Untuk mempercepat Windows melakukan Desktop Refresh kita dapat melakukan trick dengan merubah nilai default Max Cached Icons menjadi 2000 icons !.

Apakah yang dilakukan oleh Icon Cached ?

Mungkin anda sudah mengetahui fungsi dari Cache Memory, PC akan menyimpan perintah yang pernah anda lakukan pada Cache Memory dengan tujuan bila perintah yang sama anda lakukan kembali, maka CPU akan memeriksa apakah perintah tersebut masih tersedia pada Cache Memory , kalau masih tersedia; maka CPU akan menjalankan perintah yang ada di Cache Memory bukan dari Harddisk sehingga perintah dapat dijalankan dengan lebih cepat. Anda dapat mencobanya dengan cara mengaktifkan MS-Word, kemudian close MS-Word, lalu Aktifkan kembali, nah terasakan bahwa MS-Word yang diaktifkan untuk kedua kalinya jauh lebih cepat dari yang pertama, karena fungsi Cache Memory.

Icon Cache hampir sama dengan fungsi Cache Memory, daripada menjalankan dari Harddisk file Iconcache.db database untuk meloading semua icon yang ada di PC anda, Windows akan mencheck dulu ketersediaan informasi Icon pada Cache Memory , bila tidak dijumpai barulah Windows menjalankan file Iconcache.db. Secara default Windows tidak menyediakan banyak memory untuk Icon cache, dengan sedikit trick untuk meningkatkan jumlah Icon cache anda akan meningkatkan Kinerja Windows anda, dan tidak perlu lagi melakukan Desktop Refresh!

Langkah-langkah merubah Icon Cache

  1. Jalankah Registry Editor, lewat Start, Run, ketik Regedit, dan Enter.
  2. Setelah Registry Editor terbuka, cari pada panel kiri sampai anda menemukan  HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer. Pada Panel Kanan, lihat nama value Max Cached Icons.
  3. Kemudian Double Click dan rubah nilainya menjadi 2000.

Merubah Max Cached Icon

  1. Restart PC Anda.

One Response to “Fungsi dari Desktop Refresh”

  1. bpmkotabandaaceh November 9, 2011 at 8:12 am #

    oh, baru tau…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: