Bagaimana Ya Cara Mengurangi Mata Minus?

31 Oct


KELAINAN refraksi ada tiga macam, yaitu :
1. Silinder
2. Plus
3. Minus

Mata minus termasuk ke dalam gangguan anatomi mata. Pada keadaan tersebut, sumbu mata lebih panjang dari seharusnya atau kornea mata sangat cekung. Akibatnya, bayangan jatuh tidak di retina. Tetapi di depannya. Retina sendiri adalah bagian mata yang berfungsi sebagai sensor bayangan.

Karena gangguannya pada panjang sumbu mata atau pada kornea, maka secara teori medis sulit untuk menemukan obat minum atau tetes yang dapat menormalkan keadaan tersebut.

Oleh karena itu, saat ini, yang dilakukan untuk mengatasi mata minus adalah “cara”, bukan “obat”. Cara yang dimaksud adalah manipulasi tertentu sehingga bayang tepat jatuh di retina. Manipulasi yang paling sering dan mudah dilakukan adalah dengan menggunakan kaca mata. Lensa kaca mata akan membantu bayangan jatuh di tempat seharusnya. Dengan demikian, penglihatan menjadi jelas.

Manipulasi lain adalah dengan lensa kontak (contact lens). Prinsipnya hampir sama dengan kaca mata. Hanya saja, lensanya langsung diletakkan menempel dengan mata. Jadi secara estetika lebih baik.

Teknik lain yang belakangan banyak menjadi pilihan adalah dengan operasi laser (LASIK). Pada teknik ini, kornea mata diatur kecekungannya dengan mengamplasnya dengan sinar laser. Nah, kornea yang sudah dimodifikasi tersebut berfungsi sama dengan lensa kaca mata atau lensa kontak, yaitu membantu “mendorong” bayangan sehingga jatuh pas di retina.

Namun karena alat untuk melakukan operasi itu belum ada di Lampung, maka hanya bisa dilakukan di rumah sakit di Jakarta. Nanti dari sini mendapat surat rekomendasi untuk melakukan operasi tersebut.

Untuk mencegah agar mata tidak minus yaitu jangan membaca buku sambil tiduran, jangan membaca di tempat yang cahayanya minum,  serta makan makanan bergizi agar kesehatan tetap terjaga.

dr Aryanti SpM
Spesialis Mata
RS Urip Sumoharjo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: