Ajak Olahraga Kucing Anda

31 Oct

kucing olahraga, kucing senam, kucing sehat

Latihan fisik adalah penting bagi kesejahteraan teman kucing Anda. Kurang olahraga menyebabkan kebosanan yang dapat dikontrol oleh kucing Anda dalam dua cara: dengan tidur dan makan. Kedua hal itu lebih disukai kucing, akan tetapi kebiasaan mereka dapat menyebabkan masalah kesehatan, yang paling umum dijumpai adalah obesitas. gaya hidup kucing yang seperti itu dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya termasuk perubahan perilaku over-grooming yang merugikan. Jadi olahraga dengan dosis yang sehat akan baik untuk kucing, namun kondisi kucing rumahan yang memerlukan olahraga atau latihan sulit digambarkan. Jadi bagaimana Anda tahu kapan kucing Anda butuh latihan lebih banyak dan bagaimana agar kucing Anda tetap aktif?kucing pemanasan, aktifitas kucingJika kucing anda adalah kucing outdoor sangat mungkin ia akan mampu mengendalikan latihan sendiri secara memadai. Alam luar menawarkan segala macam rangsangan, dari hal-hal seperti mengejar tikus, memanjat pagar atau pohon dan lain-laini. (Apakah hal ini selalu aman adalah pertanyaan lain.) Terlebih apabila anda memiliki kucing indoor, masalahnya akan lebih buruk jika kucing hanya menghabiskan banyak waktu sendirian. Misalnya ketika majikannya pergi bekerja dan kucing itu ditinggalkan sendirian di rumah, makan kucing akan memilih bermalas-malasan. Dalam kasus seperti itu sangat penting untuk melibatkan kucing dalam beberapa jenis kegiatan minimal selama 15 sampai 30 menit setiap hari. Hal ini memiliki dua aspek penting. Kucing mendapatkan beberapa latihan fisik yang dibutuhkan, tetapi bermain juga menciptakan ikatan yang lebih erat antara kucing dan majikannya. Akan tetapi, bermain tidak berarti bahwa Anda tidak harus menyediakan lingkungan yang memungkinkan kucing untuk menghibur dirinya sendiri sementara majikannya sedang pergi.

cara agar kucing berolahraga, kucing pakai barbel, dumbleWaktu bermain

Jumlah latihan yang dibutuhkan oleh kucing indoor tergantung pada usia kucing dan kondisi fisik. Beberapa jenis kucing memerlukan tingkat bermain yabg lebih aktif, misalnya kucing Bengal atau Abyssinians secara umum jauh lebih aktif daripada jenis kucing Shorthairs Inggris. Kucing yang lebih tua lebih suka duduk melamun dan karena itu lebih sulit untuk diajak bermain. Hal yang sama berlaku untuk kucing yang kelebihan berat badan. Jadi mungkin bahwa ketika Anda mulai mengajaknya bermain, awalnya ia akan menjadi senang bermain, dan di sisi lain mereka cepat bosan, ajaklah kucing Anda bermain dengan berbagai mainan kucing. Sekali Anda mendapatkan kucing Anda tertarik dia akan menjadi lebih aktif. Ingat juga bahwa kucing, seperti manusia, tidak semua senang dengan hal yang sama. Mungkin diperlukan beberapa percobaan sebelum Anda dapat menemukan permainan yang disukai kucing Anda.

Saat ini banyak terdapat mainan yang tersedia secara komersial untuk kucing, bulu-buluan yang terikat pada tali, bola, dan mainan pancingan yang halus pada ujungnya. Mainan tersebut dirancang untuk meniru hewan di alam seperti tikus dan burung yang biasanya kucing suka mengejarnya di luar rumah. Permainan yang dapat membuat kucing mengejar sesuatu, maka obyek mainan itu harus bergerak. Tips: Belilah mainan yang mengandung aroma yang disukai kucing atau yang biasa disebut catnip. Kucing akan lebih merespons mainan yang mengandung aroma yang disukainya. Jika Anda sudah memiliki mainan yang tidak mengandung aroma tersebut, maka Anda bisa mendapatkan spray aroma di petshop, lalu semprotkan pada mainan sebelum mulai bermain. Pastikan Anda menggerakkan mainan untuk meniru gerakan benda nyata seperti tikus. Sesekali sembunyikan mainan itu di belakang punggung anda, atau di bawah karpet, maka kucing anda penasaran dan akan mencari-cari nya, hal ini akan membuat kucing Anda lebih aktif.

Ada juga banyak berbagai jenis bola yang dapat digunakan kucing untuk bermain. Bola-bola itu biasanya memiliki sesuatu di dalamnya untuk membuat suara-suara ketika bola diglindingkan. Sekali lagi, gelindingkan bola tersebut di depan mereka di sekitar lantai untuk menarik perhatian kucing Anda. Glindingkan di tempat yang agak tersembunyi seperti dibawah meja atu karpet, biarkan kucing Anda menemukannya. Banyak kucing suka menyelinap di bawah karpet longgar untuk mengambil mainan tersebut. Sebagian besar mainan kucing sudah terdapat di rumah, seperti bola kertas, sedotan, dan tutup plastik dari wadah susu atau jus. Apa pun yang dipakai kucing sebagai mainan, pastikan itu cukup besar sehingga kucing tidak dapat menelan atau tersedak.

Bukan suatu ide yang buruk untuk mengembalikan mainan ke tempatnya setelah dipakai bermain, sehingga kucing Anda tidak terlalu sering menggunakannya untuk bermain, karena lama-lama kucing Anda bisa menjadi tidak tertarik. Hal ini juga dapat memastikan bahwa tidak ada kecelakaan saat kucing bermain bila Anda tidak mengawasinya. Ada juga manfaat tambahan, yaitu setelah sekali bermain, maka secara rutin kucing Anda akan benar-benar menantikan saatnya bermain dan ketika dia melihat mainannya lagi, maka secara otomatis akan merangsang kucing Anda untuk bermain. Ganti dengan mainan favoritnya yang lain juga akan membuat kucing Anda bermain lebih lama.

Ada sejumlah mainan lainnya dijual dipasaran, misalnya, tikus-tikusan yang dikendalikan dengan remote control. Mainan ini sangat menarik bagi sebagian besar kucing (dan beberapa manusia agak menikmatinya juga!). Mainan seperti ini memberi manusia manfaat tambahan bermain bersama kucingnya sambil duduk di kursi mereka. Mainan Technocat seperti itu biasanya lebih mahal dan dari pengalaman saya, sedikit lebih sulit untuk mendapatkannya karena mainan tersebut tidak tersedia di petshop-petshop yang ada, bisanya mainan itu dijual secara online di internet. Satu hal yang perlu dicoba adalah senter kecil atau laser pointer di ruangan redup. Hal ini dapat memberikan hiburan tambahan untuk kucing Anda. Kucing Anda akan mencoba menangkap, melompat, dan mencari titik cahaya yang dapat membuat kucing Anda terhibur. Namu perlu diperhatikan bahwa jangan menyalakan lampu laaser tepat ke arah matanya.

Sebuah gagasan baru yang sekarang menjadi trend adalah roda untuk latihan kucing. Sekali kucing naik ke atas roda tersebut, maka roda mulai berputar karena pengaruh berat badannya. Semakin cepat ia bergerak maka lebih cepat roda berputar. Ada sejumlah video di U-tube, atau klik di sini di mana Anda bisa melihat cara kerja roda tersebut. Ada yang harganya mahal, dan seperti dengan mainan lain, mungkin mainan itu bisa tidak mendapat respons dari kucing Anda. Roda kucing pada prinspnya bekerja sama dengan treadmill yang digunakan manusia, jika Anda sudah memiliki mainan tersebut di rumah, Anda dapat mencoba untuk melihat apakah kucing Anda tertarik untuk melompat dan berjalan di atasnya. Pastikan bahwa Anda mengawasinya dengan ketat agar tidak terjadi kecelakaan.

mainan roda kucing, catnip, kucing bengal latihanmainan roda kucing dapat membantu kucing anda untuk lebih beraktifitas

Latihan Untuk Kucing sehari-hari

Salah satu hal yang hampir setiap kucing indoor pasti akan dilakukan sehari-hari nya adalah hanya bergerak antara tempat makan dan tempat pup (litter box). Jika Anda memiliki tangga di rumah, maka itu adalah ide yang baik, tempatkan litter box di lantai atas dan mangkuk makanan di lantai bawah atau sebaliknya. Hal ini akan mendorong kucing untuk latihan menggunakan tangga. Demikian pula tempat dia tidur, tempatkan di sudut lain rumah. Banyak kucing menyukai kegiatan naik turun tangga, dan ini merupakan latihan yang baik mengingat bahwa tinggi langkah tangga jauh lebih tinggi dari titik pandang kucing.

Juga banyak kucing yang suka mendaki. Sekarang ini terdapat mainan mendaki yang tersedia untuk kucing di toko-toko hewan peliharaan. Mainan tersebut biasanya disebut pohon kucing. Beberapa dirancang untuk dibangun sampai setinggi rumah Anda. Beberapa pohon kucing juga memiliki rumah-rumahan kucing yang dibangun di atasnya. Banyak kucing suka tidur di atasnya, karena dari atas mereka bisa melihat segala sesuatu yang sedang terjadi.

Sekali lagi, sekarang ada konsep baru untuk mendorong kucing untuk berburu makanan mereka daripada hanya membiarkan mereka menemukannya dalam mangkuk makanan. Idenya seperti ini, sembunyikan makanan di tempat yang berbeda setiap hari dan kucing harus menemukannya. Ini dianjurkan untuk kucing yang makan makanan kering (dry food). Pada prinsip yang sama kini Anda dapat membeli wadah yang dapat mengeluarkan makanan setelah dimainkan oleh kucing. Misalnya bola-bola yang dapat berisi makanan kesukaannya, bola tersebut dapat mengeluarkan makanan setelah beberapa kali digulingkan. Ini berarti kucing Anda harus bermain dengan bola agar makanannya keluar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: