RASANYA KETIKA MENJADI ANAK KOS – KOSAN

11 Oct

 note : jgn terharu yaa….
😀

Teman-teman kali ini penulis mau sharing dan cerita-cerita tentang hal-hal apa saja yang dirasakan anak rantau, yang jauh dari tempat tinggal karena alasan kerja, kuliah. Semua isi didalam tulisan ini adalah pengalaman2 yang dirasakan penulis, teman penulis dan saudara penulis hehehe. Teman-teman rantau yang pasti punya pengalaman suka maupun dukakan ?!. Sebelumnya maaf bila ada kesamaan kejadian dalam penulisan dan mungkin menyinggung karena penulis ingin berbagi pengalaman yang pernah dijalan atau pengalaman teman-teman penulis, yuk kita baca satu persatu

Mulai pertama kali sampai dI BANDA ACEH, yang dirasakan dulu adalah semua bebas, bisa pulang larut malam, kemana saja sesuka hati. Emang si awalnya menyenangkan, tapi keseringan juga malah ga baik karena awalnya harusnya belajar untuk ujian masuk jadi mahasiswa. Waktu itu kebelet banget mau cepat2 masuk jadi mahasiswa :D maklum, dulu karena tahu kuliah boleh pake baju bebas hahaha

Nah, berikut ini adalah hal2 krusial (ce ilee) bukan bukan, maksudku hal2 yang saya amati dan saya juga sebagai pelakunya yang sering dan kadang kalo diingat bikin ngangenin :D

:: Cari banyak teman ::

Ini adalah hal yang paling saya suka yaitu cari banyak teman, berbekal SKSD sih awalnya tapi ini penting karena kalo yang namanya rantau, teman adalah keluarga terdekat dan kalau butuh apa misal curhat atau minta bantuan tenaga, teman adalah solusinya (Tapi harus baik-baik lho kalo minta bantuan.

:: Tanyain teman, punya temen cewek ga ?! ::

hahahaha saya ngaku aja dey, awal kuliah dulu pertama kali datang, lihat cewek dikit langsung terpesona euy, maklumlah masih muda2nya hahaha. Yang namanya gonta ganti pacar itumah biasa, tapi kalo ditelpon cowok yang ngaku cewek itu baru luar biasa teman-teman. Sedikit cerita, temanku sengaja kasih nomor yang ga tahunya nomor itu punya cowok kemayu dan suaranya terdengar merdu kayak cewek teman-teman, tapi apalah daya ketahuan pas ketemu. Dipaksain teman untuk ketemu, dan ternyata “Astagfirullah” ternyata masih satu cetakan teman-teman :) ) Mulai dari itu dey temanku bilang, makanya jangan Maruuk :D

:: Belanja sepuasnya ::

Awalnya memang ga ada sama sekali perhitungan dulu pas pertama kuliah, apa aja yang dimau, harus dibeli. Maklumlah masih labil hehehe, ternyata rantau itu benar2 kita dilatih bagaimana kita bisa memanagement duit pemberian orang tua, dan bukan untuk berfoya-foya (Bayangin aja, berapa total duit yang dikasih orang tua kekita sejak lahir ampe sekarang :D coba dey bayangin hehehe

:: Bolos kuliah ::

Istilah umum yang dipakai adalah TA, ini adalah singkatan yang paling sering digunakan buat orang2 yang mau  pada bolos kuliah TA (Baca : Titip Absen), sekali lagi masih ingin maen2nya dulu. Ampe pas ujian, bengong dey lihat soal ujian. Tapi temanku ada yang berprinsip “Kuliah boleh malas, tapi nilai jangan malas”. Meman bener terbukti, apa mungkin memang dia cerdas kali yah. Jadi dia memang jarang masuk, tapi pas ujian eh malah dia paling tinggi :D nasiiib ya nasib

:: Ngepe’ Jawaban Ujian ::

Eiiitsss, jurus jitu buat semua yang kwalahan belum belajar, buat yang ga pernah masuk kuliah, buat yang ga percaya diri, buat yang memang sudah mendalami ilmu ini :D Ngepe itu sangat bermanfaat ketika tidak diketahui pengawas, dan sangat tidak bermanfaat ketika ketangkep. Contohnya temanku teman-teman, emmm waktu itu ujian “KEWARGANEGARAAN” waaaw matakuliah yang bisa dibilang ngebosenin. Gini teman-teman, memang si Dia yang paling cepet nyelesaiin tu ujian, eh ternyata Kertas yang ditulis rapi dengan font ukuran 7 temsnyuromen itu keselip dilembar ujian. Dan alhasil diapun mendapat nilai F hahahaha sial2 dah

:: Pinjem pakaian teman ::

Mungkin ini umum dilakukan anak2 kos2an hahaha, yang namanya pinjem pakaian teman itu ada banyak alasan sebenarnya. Bisa saja kaos udah pada kotor, ga punya pakaian yang bagus, atau mungkin semua pakaian yang dipake adalah pinjeman semua hahahaha Silahkan dipilih :D

:: Kumpulin koin kembalian belanjaan ::

Dengan botolpun jadi dan menulis nominal diluar botolnya, hal ini sangat sering dilakukan oleh anak2 rantau (Yang rumahan mungkin juga iya), buat anak rantau. Koin adalah pelangsung hidup yang paling dicari ketika akhir bulan hehehe, mungkin teman2 ga menyadari misal, sehari 500 perak atau 1000 perak ditaruh dalam celengan, secara terus menerus ga terasa bisa sampai 100ribuan lho :D tapi jangan diambil trus2 kalo udah kepepet :D

:: Cari tempat makan murah ::

Yang namanya hunting tempat makan murah, saya siap membantu (Buat yang diJogja lho), mulai dari Angkringan, warteg, makanan padang sampai restoran yang elegan tapi murah. Sedikit cerita ni teman-teman, dulu pas pertama kuliah di jogja, saya merasakan begitu murah dan mudahnya mendapatkan makanan di jogja, sampai selama 4 semester porsi makan saya bisa sampai 7 kali sehari karena merasakan murahnya. Tapi lama kelamaan 4000-5000 pun terasa mahal hehehe

:: Kangen rumah, suasana dan masakan rumah ::

Kadang saat bengong, serasa ingin cepat balik kerumah, ingin bertanya kepada ibu “Masak apa hari ini ?!”, kangen saat2 dimarahin ma ibu untuk bersihin kamar. Ga sengaja buat ibu kecewa karena masakannya ga kita makan. Hufft jadi kangen benerankan -_- :D senyum teman2. Kalo kalian punya keluarga dekat atau pacar yang sekiranya bisa masak seperti apa masakan dirumah. coba dey lakuin, biar rasa kangen bisa sedikit terlampiaskan, kan gampang tinggal cari di Google.com :D

:: Main kekamar teman ::

Ini sangat sering dilakukan buat anak kos-kosan, selain bertujuan silaturahmi (ce ileee), dengan kita main ke kamar teman, kita bisa saling share info terbaru. Misalnya yang suka rakit komputer, kan bisa nanya alat2 terbaru apa dan berapa (Itulah gunanya teman)

:: SKS (Sistem Kebut Semalam)

Kalo ini mah pengalaman saya sendiri, udah dey kalo sudah musim ujian, bahannya dicari semalam sebelum ujian, dan mulai panik cari soal-soal tahun sebelumnya (Mahasiswa yang baik wkwkwk), tapi disitulah serunya. Manusia kalo sudah keadaan kepepet pasti solusi keluar dengan sendirinya (Buktikan yah teman-teman)

:: Dekat ma teman yang pintar ::

Sebenarnya pintar dan bodoh itu relatif, yang benar itu adalah Malas atau rajin :D karena pada dasarnya semua manusia punya keahlian masing-masing, tapi yang namanya malas hmmm jadi penyakit yang paling dibenci :D Bolehlah malas, tapi malas ga belajar, malas keluar malam (kalo itu akan berarti positif :D

:: Lebihin minta duit kiriman ::

Kalo bisa dibilang kelakuan bodoh, ya memang bodoh. Ini hanya pengalaman lho teman-teman, jangan sampai ditiru. Orang tua tidak tahu menau tentang berapa bayaran kuliah kita, apa aja yang dibayar. Untuk itu, sebaiknya kita meminta dengan nominal yang sesuai, kalopun ingin lebih, mintalah dengan sebaik2nya dan sejujur2nya. Orang tua sebenarnya akan memberi yang terbaik buat anaknya (Wahwahwah saya sedikit bijak kali ini hehehe )

:: Ibadah saat ada masalah, dan lupa ketika lupa diri ::

Memang benar syaitan itu ada dan selalu menggoda manusia, karena dia adalah makhluk statis. Manusiawinya kita, kadang tidak bisa meredam semua kekhilafan yang kita lakukan. Tapi sebenarnya disitu Allah menguji kita, dan yakinlah bahwa jika kita ikhlas untuknya. Insyaallah Allah akan memberikan petunjuk Amiiiin (Saya yakin, manusia didunia ini sebenarnya semuanya mulia, tidak ada yang buruk, tapi berkurangnya baik). Tetap semangat teman-teman

:: Gejolak emosi, salah paham ma teman ::

Memang benar, hidup itu adalah management, bagaimana kita bisa memanagement emosi kita, perasaan kita. Karena hidup dirantau kita dihadapkan dengan orang2 yang bervariasi karakternya. Jadi kita perlu untuk tahu diri ketika lawan bicara kita siapa, seperti apa orangnya dan cara bicaranya kepada orang tersebut seperti apa. Karena ga sedikit, kita sering salah paham. Mungkin dengan nada bicara teman yang kasar, sara dll. Berpikir positif kadang susah, tapi bukan berarti tidak bisa untuk belajar sedikit demi sedikit :)

Nasib ya nasib anak rantau :D

Semoga tulisan ini memberi inspirasi buat yang sedang dirantau, nostalgia yang sudah selesai rantaunya :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: